Selasa, 24 Januari 2012

Multitasking, difficult or easy for u ?

Haii.. udah lama nih ga nulis yaaa namanya juga orang sibuk . hehehe . Ngomong2 soal sibuk, dengan banyaknya pekerjaan yang harus dilakukan dan sama2 deadline tentunya kita diharuskan untuk bisa melakukan tugas2 tersebut secara bersamaan . yaa kita harus bisa membagi pikiran kita untuk beberapa pekerjaan yang dilakukan sekaligus . Bukan hanya berkaitan dengan tugas, namun seringkali dalam kehidupan sehari-hari kita juga dituntut untuk mengerjakan hal-hal yang menuntut kita harus melakukannya secara bersamaan, misalnya mengetik sambil menelepon, berbicara sambil menulis, atau untuk para ibu, memasak sambil menggendong bayi dan mengangkat telepon dari kerabat. WAUUUUUWW, tentunya kita harus pintar-pintar membagi konsentrasi atau kerja otak kita untuk setiap hal yang kita lakukan. Bagaimana dengan anda, sulit atau mudahkah melakukan pekerjaan secara bersama-sama?

Melakukan dua atau lebih pekerjaan dalam waktu yang bersamaan disebut dengan istilah multitasking.. yup istilah ini dikenal dari istilah teknologi informasi . berikut definisi multitasking yang saya dapat dari mbah google. hehe

multitasking adalah istilah teknologi informasi yang mengacu kepada sebuah metode dimana banyak pekerjaan atau dikenal juga sebagai proses diolah dengan menggunakan sumberdaya CPU yang sama. Dalam kasus sebuah komputer dengan prosesor tunggal, hanya satu instruksi yang dapat bekerja dalam satu waktu, berarti bahwa CPU tersebut secara aktif mengolah instruksi untuk satu pekerjaan tersebut. Multitasking memecahkan masalah ini dengan memjadwalkan pekerjaan mana yang dapat berjalan dalam satu waktu, dan kapan pekerjaan yang lain menunggu untuk diolah dapat dikerjakan. -wikipedia-

wew..ternyata istilah multitasking disini berkaitan dengan dunia teknologi informasi (IT). Tapi kalau ditilik lagi pengertian diatas, nampak ada kesamaan makna dengan pengertian multitasking yang sedang kita bahas sekarang :)
dan saya pun menemukan artikel lain lagi tentang definisi multitasking:
Human multitasking is the performance by an individual of appearing to handle more than one task at the same time. The term is derived from computer multitasking. An example of multitasking is listening to a radio interview while typing an email. Some believe that multitasking can result in time wasted due to human context switching and apparently causing more errors due to insufficient attention. Other research illustrates our brains are capable dealing with certain ‘dual multiple tasks’ at the same time.
Sepertinya pengertian yang ini lebih nyambung ya? :D

Yup itulah multitasking, how bout u, reader ? do you think that to be multitasking human is easy? or difficult?
but to me.. it's so difficult. karena saya terbiasa melakukan satu hal dengan penuh konsentrasi sehingga jika saya melakukan hal lain secara bersamaan saya akan kehilangan konsentrasi untuk satu hal yang sedang saya kerjakan. Sifat perfeksionis dalam setiap pekerjaan yang saya kerjakan juga mendukung saya untuk menjadi miss not multitasking, karena saya harus benar-benar memastikan pekerjaan yang sedang saya lakukan baik dan perfect. Namun,seringkali saya dituntut untuk bisa menjadi manusia yang multitasking, oleh karena itu saya mungkin akan belajar secara bertahap bagaimana supaya bisa melakukan hal secara bersamaan untuk sewaktu2 yang memang mendesak.

Namun, saya percaya, pekerjaan yang dilakukan secara fokus dan sungguh2, maka akan menghasilkan hasil yang terbaik. Tetapi, saya juga harus belajar multitasking agar sewaktu2 dalam kondisi mndesak saya bisa beradaptasi dan melakukan pekerjaan2 tersebut dengan baik. :D

Penelitian yang dimuat jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences mengindikasikan bahwa penurunan kemampuan multitasking akan menurun setelah usia 18 tahun. (wahh, hampir lupa klo saya sudah lewat. heheh). Dan semakin berusia lanjut kemampuan otak dan mental akan menurun. Namun, untuk mengatasi hal ini belum ada teerapi2 yang bisa diandalkan. Dan saat ini juga masih dilakukan penelitian untuk mengembangkan kemampuan daya ingat dengan mengembangkan video games dan menjajaki obat potensial ataupun makanan untuk meningkatkan kemampuan otak.


Yang bisa kita lakukan adalah belajar fokus dan konsentrasi juga melatih daya ingat dengan banyak2 membaca dan belajar :D Go ahead Guys !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar